Nama : Luthfi Herlinawati
NIM : 1717201158
Kelas : 3 Ekonomi Syariah D
Mata Kuliah : Ekonomi Manajerial
Dosen Pengampu :
Mahardika Cipta Raharja, S.E, M.Si
PENDAHULUAN
Pasar
Internasional merupakan suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk membuat suatu
negara itu agar maju dan mandiri serta dapat mensejahterakan masyarakat secara
merata. Pasar internasional menjadi pilihan strategis yang menarik dan
menguntungkan bagi perusahaan, tapi tidak hanya sumber strategis satu-satunya. Pada kenyataannya,
banyak perusahaan yang mampu dan dapat bersaing dengan sukses di pasar
internasional, tapi penting juga bagi mereka atau perusahaan untuk tetap
memperhatikan pasar lokal. Perusahaan-perusahaan
lokal yang berusaha masuk kedalam pasar internasional, bisa tidak bisa harus
siap menghadapi sebuah kompetisi atau
persaingan.
Dengan
demikian, perusahaan-perusahaan diseluruh dunia tertantang untuk menjadi lebih
bersaing secara strategis dalam pasar lokal. Karena patokan dalam bersaing
secara strategis berhubungan erat dengan standar internasional, serta
perusahaan yang berusaha untuk meningkatkan kemampuan dalam persaingan lokal
secara bersamaan ikut pula meningkatkan daya bersaing internasional mereka. Dalam
usaha untuk menghadapi persaingan di dalam pasar internasional, semakin
maksimal usaha yang dilakukan, maka semakin besar pula daya saing yang akan
dihadapi. Dalam keaadaan tersebut, terdapat dua kemungkinan yang akan dialami
suatu perusahaan lokal yang terjun ke dalam pasar internasional, yaitu menjadi
perusahaan yang tumbang karena
mengeluarkan dana untuk memaksimalkan usaha tapi tidak pandai bersaing dan
menjadi perusahaan yang akan semakin maju dan berkembang karena memaksimalkan
dana dalam usahanya serta pandai bersaing.
Dengan
persaingan tersebut, maka suatu negara perlu beberapa strategi yang dapat
menjadi acuan untuk kemajuan perusahaan. Karena perusahaan yang tidak memiliki
kesiapan dan kematangan strategi serta tidak mampu bersaing dalam menghadapi
pasar internasional tersebut, akan
tersisihkan dan terpinggirkan. Strategi yang dapat dilakukan dalam menghadapi
persaingan pasar internasional yaitu dalam bidang harga, produk, pemasaran dan
strategi lainnya.
PEMBAHASAN
Strategi pemasaran direncanakan untuk mencapai perusahaan dengan
mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang
dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.[1] Dalam
pemasaran sangat diperlukan strategi supaya lancar dalam menjalankan pemasaran
dan dapat mempertimbangkan apa yang akan dilakukan kedepannya apakah baik untuk
di lakukan atau malah sebaliknya.
Pasar
internasional merupakan suatu wadah jual beli produk dari berbagai negara, dan
di dalamnya terdapat sebuah kebijakan Pemerintah yang tidak melakukan
diskriminasi terhadap impor dan juga tidak mengganggu ekspor. Pasar
internasional menjadi pilihan strategis yang menarik bagi perusahaan, tetapi
bukanlah sumber daya strategis satu-satunya. Realitanya, banyak perusahaan,
yang mampu bersaing dengan sukses di pasar internasional, tapi penting juga
bagi mereka untuk tetap memperhatikan pasar domestik atau pasar lokal.
Dengan
demikian, perusahaan-perusahaan diseluruh dunia tertantang dalam bersaing
secara strategis di pasar lokal, karena patokan untuk bersaing secara strategis
berhubungan dengan standar internasional, perusahaan yang meningkatkan kemampuan
untuk bersaing di pasar lokal secara bersamaan ikut pula meningkatkan daya
bersaing di pasar internasional mereka.
Ada beberapa strategi
dalam menghadapi persaingan pasar global
yaitu :
1.
Produk
- Produk yang dapat bersaing
dalam segi kualitas.
- Diferensiasi produk dengan
produk lain serta memiliki ciri khas tersendiri dengan cara menambahkan identitas
yang berbeda dan keunggulan pada sebuah produk
- Memiliki daya tarik tersendiri
2.
Harga
- Gunakan sistem Dumping yaitu menjual produk lebih rendah dari biasanya
dikenalkan pada produk yang sama di pasar lokal atau di Negara asal.
- Harga Komplek yaitu Tawaran
harga paket, paket harga dua produk, diskon terhadap barang, harga
promosi, dan program loyalitas untuk beberapa produk, “beli dua dapat
satu”.
- Harga harus sesuai dengan
kualitas dari barangnya
3.
Moving, Caring, dan Inovating.
Moving merupakan
kemampuan perusahaan dalam memenuhi permintaan konsumen. Selanjutnya tahap caring ialah perusahaan berusaha
memahami sebaik mungkin apa yang dibutuhkan konsumen. Untuk mewujudkan
keinginan konsumen tersebut, inovasi dalam bidang produk meliputi kelengkapan
produk dan juga teknologi terbaru. tinggal bagaimana kita menjaga pelanggan
agar tetap mengonsumsi barang kita.
5.
Strategi Pemasaran
Dengan cara menggunakan iklan yang efektif,
kreatif dan memiliki daya tarik agar konsumen berkeinginan untuk mengonsumsi
produk kita.
6.
Strategi Aliansi
Menyusun kerjasama antara perusahaan lokal
dengan perusahaan asing yang mempunyai kelebihan. Kolaborasi antar perusahaan
yang tidak terikat, dengan motif yang berbeda-beda dan tujuan yang berbeda atau
bertentangan, itu tidak mudah. Manfaatkan kemungkinan kerjasama. Bentuk strategic partnersip dengan menawarkan kerjasama
ekslusif dengan supplier, reseller, atau penyedia jasa yang berhubungan dengan
bisnis kita.[2]
7.
Memandang Kompetisi sebagai Sebuah Energi
Denngan cara
penanaman dalam diri perusahaan jika ada lawan berarti kita harus berusaha
dengan maksimal agar tidak kalah, itu menjadi pemacu untuk bersemangat dalam
berusaha.
PENUTUP
Pasar
internasional adalah kebijakan dimana Pemerintah tidak melakukan diskriminasi
terhadap impor dan mengganggu ekspor. Globalisasi pasar dan kompetisi
menciptakan suatu perubahan yang sangat besar. Strategi yang tepat harus
diaplikasi untuk meraih keberhasilan melalui pemanfaatkan peluang-peluang yang
ada pada lingkungan bisnis yang bergerak cepat dan semakin kompetitif.
Banyak
perusahaan-perusahaan di dunia dan di Indonesia telah menyadari hal tersebut
dan memilih strategi perusahaan yang tepat. Namun tidak sedikit pula dari
mereka yang tidak memperhitungkan implikasi langsung strategi perusahaan
tersebut terhadap sumber daya manusia. Negara yang tidak memiliki
kesiapan strategi dan mampu bersaing dalam menghadapi pasar global tersebut,
akan tergerus dan terpinggirkan.
Strategi yang
dilakukan berupa strategi dalam faktor Harga, Produk, Pemasaran, Kerja sama,
dan pandangan terhadap persaingan untuk menumbuhkan energi dalam
bersaing.
[1] FandyTjiptono.
Strategi Pemasaran . (Yogyakarta: ANDI, 1997).
[2] Ikhsan,. Manajemen
Strategis dalam kompetisi pasar global. (Jakarta: Gaung Persada Press, 2009).
SUMBER
REFERENSI
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi
Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Ikhsan, 2009. Manajemen Strategis dalam kompetisi pasar global. Jakarta:
Gaung Persada Press
Posting Komentar