Welcome

...Welcome and Happy Reading...

STRATEGI PERUSAHAAN LOKAL DI INDONESIA DALAM BERSAING DI PASAR INTERNASIONAL

Profil

Nama                             : Luthfi Herlinawati
NIM                               : 1717201158

Kelas                             : 3 Ekonomi Syariah D
Mata Kuliah                  : Ekonomi Manajerial
Dosen Pengampu          : Mahardika Cipta Raharja, S.E, M.Si

PENDAHULUAN


Pasar Internasional merupakan suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk membuat suatu negara itu agar maju dan mandiri serta dapat mensejahterakan masyarakat secara merata. Pasar internasional menjadi pilihan strategis yang menarik dan menguntungkan bagi perusahaan, tapi tidak hanya sumber  strategis satu-satunya. Pada kenyataannya, banyak perusahaan yang mampu dan dapat bersaing dengan sukses di pasar internasional, tapi penting juga bagi mereka atau perusahaan untuk tetap memperhatikan pasar lokal.  Perusahaan-perusahaan lokal yang berusaha masuk kedalam pasar internasional, bisa tidak bisa harus siap  menghadapi sebuah kompetisi atau persaingan.
Dengan demikian, perusahaan-perusahaan diseluruh dunia tertantang untuk menjadi lebih bersaing secara strategis dalam pasar lokal. Karena patokan dalam bersaing secara strategis berhubungan erat dengan standar internasional, serta perusahaan yang berusaha untuk meningkatkan kemampuan dalam persaingan lokal secara bersamaan ikut pula meningkatkan daya bersaing internasional mereka. Dalam usaha untuk menghadapi persaingan di dalam pasar internasional, semakin maksimal usaha yang dilakukan, maka semakin besar pula daya saing yang akan dihadapi. Dalam keaadaan tersebut, terdapat dua kemungkinan yang akan dialami suatu perusahaan lokal yang terjun ke dalam pasar internasional, yaitu menjadi perusahaan yang tumbang  karena mengeluarkan dana untuk memaksimalkan usaha tapi tidak pandai bersaing dan menjadi perusahaan yang akan semakin maju dan berkembang karena memaksimalkan dana dalam usahanya serta pandai bersaing.
Dengan persaingan tersebut, maka suatu negara perlu beberapa strategi yang dapat menjadi acuan untuk kemajuan perusahaan. Karena perusahaan yang tidak memiliki kesiapan dan kematangan strategi serta tidak mampu bersaing dalam menghadapi pasar internasional  tersebut, akan tersisihkan dan terpinggirkan. Strategi yang dapat dilakukan dalam menghadapi persaingan pasar internasional yaitu dalam bidang harga, produk, pemasaran dan strategi lainnya.

PEMBAHASAN

Strategi pemasaran direncanakan untuk mencapai perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.[1] Dalam pemasaran sangat diperlukan strategi supaya lancar dalam menjalankan pemasaran dan dapat mempertimbangkan apa yang akan dilakukan kedepannya apakah baik untuk di lakukan atau malah sebaliknya.
Pasar internasional merupakan suatu wadah jual beli produk dari berbagai negara, dan di dalamnya terdapat sebuah kebijakan Pemerintah yang tidak melakukan diskriminasi terhadap impor dan juga tidak mengganggu ekspor. Pasar internasional menjadi pilihan strategis yang menarik bagi perusahaan, tetapi bukanlah sumber daya strategis satu-satunya. Realitanya, banyak perusahaan, yang mampu bersaing dengan sukses di pasar internasional, tapi penting juga bagi mereka untuk tetap memperhatikan pasar domestik atau pasar lokal.
Dengan demikian, perusahaan-perusahaan diseluruh dunia tertantang dalam bersaing secara strategis di pasar lokal, karena patokan untuk bersaing secara strategis berhubungan dengan standar internasional, perusahaan yang meningkatkan kemampuan untuk bersaing di pasar lokal secara bersamaan ikut pula meningkatkan daya bersaing di pasar internasional mereka.
Ada beberapa strategi dalam  menghadapi persaingan pasar global yaitu :
1.    Produk
  • Produk yang dapat bersaing dalam segi kualitas.
  • Diferensiasi produk dengan produk lain serta memiliki ciri khas tersendiri dengan cara menambahkan identitas yang berbeda dan keunggulan pada sebuah produk
  • Memiliki daya tarik tersendiri
2.    Harga
  • Gunakan sistem Dumping yaitu  menjual produk lebih rendah dari biasanya dikenalkan pada produk yang sama di pasar lokal atau di Negara asal.
  • Harga Komplek yaitu Tawaran harga paket, paket harga dua produk, diskon terhadap barang, harga promosi, dan program loyalitas untuk beberapa produk, “beli dua dapat satu”. 
  • Harga harus sesuai dengan kualitas dari barangnya
3.      Moving, Caring, dan Inovating.
       Moving merupakan kemampuan perusahaan dalam memenuhi permintaan konsumen. Selanjutnya tahap caring ialah perusahaan berusaha memahami sebaik mungkin apa yang dibutuhkan konsumen. Untuk mewujudkan keinginan konsumen tersebut, inovasi dalam bidang produk meliputi kelengkapan produk dan juga teknologi terbaru. tinggal bagaimana kita menjaga pelanggan agar tetap mengonsumsi barang kita.
5.    Strategi Pemasaran
Dengan cara menggunakan iklan yang efektif, kreatif dan memiliki daya tarik agar konsumen berkeinginan untuk mengonsumsi produk kita.
6.    Strategi Aliansi
Menyusun kerjasama antara perusahaan lokal dengan perusahaan asing yang mempunyai kelebihan. Kolaborasi antar perusahaan yang tidak terikat, dengan motif yang berbeda-beda dan tujuan yang berbeda atau bertentangan, itu tidak mudah. Manfaatkan kemungkinan kerjasama. Bentuk strategic partnersip dengan menawarkan kerjasama ekslusif dengan supplier, reseller, atau penyedia jasa yang berhubungan dengan bisnis kita.[2]
7.    Memandang Kompetisi sebagai Sebuah Energi
Denngan cara penanaman dalam diri perusahaan jika ada lawan berarti kita harus berusaha dengan maksimal agar tidak kalah, itu menjadi pemacu untuk bersemangat dalam berusaha.



PENUTUP
Pasar internasional adalah kebijakan dimana Pemerintah tidak melakukan diskriminasi terhadap impor dan mengganggu ekspor. Globalisasi pasar dan kompetisi menciptakan suatu perubahan yang sangat besar. Strategi yang tepat harus diaplikasi untuk meraih keberhasilan melalui pemanfaatkan peluang-peluang yang ada pada lingkungan bisnis yang bergerak cepat dan semakin kompetitif.
Banyak perusahaan-perusahaan di dunia dan di Indonesia telah menyadari hal tersebut dan memilih strategi perusahaan yang tepat. Namun tidak sedikit pula dari mereka yang tidak memperhitungkan implikasi langsung strategi perusahaan tersebut terhadap sumber daya manusia.  Negara yang tidak memiliki kesiapan strategi dan mampu bersaing dalam menghadapi pasar global tersebut, akan tergerus dan terpinggirkan.
Strategi yang dilakukan berupa strategi dalam faktor Harga, Produk, Pemasaran, Kerja sama, dan  pandangan terhadap persaingan untuk menumbuhkan energi dalam bersaing.


[1] FandyTjiptono. Strategi Pemasaran . (Yogyakarta: ANDI, 1997).

           [2] Ikhsan,. Manajemen Strategis dalam kompetisi pasar global. (Jakarta: Gaung Persada Press, 2009).

SUMBER REFERENSI

Tjiptono, Fandy. 1997.  Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Ikhsan, 2009. Manajemen Strategis dalam kompetisi pasar global. Jakarta: Gaung Persada Press

Postingan terkait:

Posting Komentar

- See more at: http://www.mumu32.blogspot.co.id/2016/.html##templatehtml.ixVYTLe5.dpuf
...Thanks for Happy Reading and Enjoy...
- See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-kotak-komentar-keren-di_8.html#sthash.ixVYTLe5.dpuf