Welcome

...Welcome and Happy Reading...

PERANAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN LE MINERALE

Profil


Latar Belakang
Kini air minum dalam kemasan (AMDK) sudah menjadi barang familiar. Hampir setiap hari bisa Anda temui dan didapatkan oleh orang-orang di perkotaan seperti Jakarta. Untuk mendapatkan AMDK pun mudah, Anda hanya cukup mendatangi minimarket, supermarket, berbagai fasilitas umum atau warung kelontong terdekat.

Menarik untuk melihat, cerita dibalik kemunculan AMDK di Indonesia. Dulunya, AMDK menjadi produk yang sangat mudah dan familiar di masyarakat modern. AMDK juga dulunya menjadi barang yang eksklusif dan tidak semua orang bisa membelinya. Memang AMDK hanya berisi air mineral, namun kebanyakan yang meminum air ini adalah orang-orang penting seperti tamu dari luar negeri atau wisatawan asing.
Pembahasan
Sekitar awal tahun 1970-an, Indonesia belum memproduksi minuman AMDK sendiri. Pada tahun tersebut, AMDK yang tersedia adalah produk impor. Saat itu para wisatawan atau tamu dalam negeri yang berkunjung di Indonesia hanya mau minum air dalam kemasan. Hal ini karena perut mereka tidak cocok dengan minum air rebusan. Dulu juga untuk memperoleh minuman kemasan pun tidak sembarangan. Pada masa itu AMDK hanya ada di hotel-hotel berbintang.[1]
Tentunya perkembangan industri AMDK dulu dan sekarang sudah berbeda. Saat ini sudah banyak bermunculan produk-produk air minum kemasan yang banyak tersedia bukan hanya di minimarket saja, namun juga di setiap toko kelontong. Salah satu produk AMDK yang hadir di Indonesia adalah Le Minerale.[2]

Le Minerale yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya, yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Mayora Group. Le Minerale hadir melayani kebutuhan konsumen Indonesia sejak tahun 2015. [3]
Meskipun Le Minerale masih tergolong produk baru di industri air mineral dalam kemasan, kehadirannya cukup mendapatkan antusiasme dari konsumen. Karena Le Minerale memiliki berbagai keunggulan sebagai produk air mineral dalam kemasan. Bisa dikatakan strategi pemasaran Le Minerale benar-benar dasyat hingga semua orang menggunakan air minuman ini untuk konsumsi setiap hari.[4]
Sumber mata air Le Minerale berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih yang diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya menggunakan mineral protection system untuk melindungi kandungan mineral alami yang ditandai dengan kerasnya botol sebelum dibuka dan diproduksi tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung.[5]
Selama ini Le Minerale menjalankan strategi yang bagus sehingga walaupun banyak pesaing bisnis air minum yang muncul namun merek ini bersaing oleh produk-produk lainnya.
            Strategi pemasaran yang digunakan dari Le Minerale diantaranya
1.    Slogan
Slogan “kaya ada manis-manisnya” hingga kini ternyata mendongkrak penjualan yang terus meningkat tiap harinya
2.    Promosi
Le Minerale melakukan berbagai promosi baik melalui media online, media cetak maupun saluran komunikasi lainnya. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali iklan produk dengan merek Le Minerale yang mengisi setiap iklan di televisi, radio maupun di media cetak. Inilah salah satu strategi pemasaran Le Minerale yang dijalankan.
Tidak jarang juga Le Minerale mensponsori beberapa kegiatan, seperti di bidang olahraga dan lainnya untuk memperkenalkan merek ini agar lebih dikenal masyarakat luas.
3.      Pelayanan
Pelayanan sangat penting bagi suatu perusahaan kepada konsumennya sehingga Le Minerale juga memberikan pelayanan yang baik bagi konsumennya di seluruh Indonesia. Melalui distributor Le Minerale di seluruh Indonesia ini Le Minerale bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggannya.
4.      Packaging yang baik
Packaging juga memberikan dampak luar biasa bagi distribusi Le Minerale sehingga penjualan bisa bertambah dari waktu ke waktu.
5.      Saluran Distribusi
Le Minerale memiliki banyak saluran distribusi untuk menyuplai kebutuhan air minum dengan merek Le Minerale baik di kota maupun di pelosok. Hampir semua wilayah di Indonesia sudah ada distributor air minum ini.

Penutup
Diatas beberapa strategi yang telah diterapkan dari produk air minum dalam kemasan ber merk Le Minerale, baik kita tiru beberapa langkah di atas sebagai langkah meningkatkan hasil penjualan dari produk yang kita jual. Sekian dari saya, sekiranya ada kesalahan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat J


[1] Saji, “Strategi Pemasaran Yang Brilian” dalam https://www.ahlimanajemenpemasaran.com/2013/06/strategi-pemasaran diakses pada 28 November 2018 pukul 22:25 WIB
[2] Observasi
[3] Wawancara dengan Firhan  pada 03 Desember 2018  dia merupakan Sales Produk Le Minerale.
[4] Observasi
[5] Gisadmin, “Keunggulan Le Minerale” dalam https://www.gerakanindonesiasehat.id/keunggulan-dari-le-minerale diakses pada 28 November 2018 pukul 20:47 WIB

REFERENSI TERKAIT

Gisadmin, “Keunggulan Le Minerale” dalam https://www.gerakanindonesiasehat.id/keunggulan-dari-le-minerale diakses pada 28 November 2018 pukul 20:47 WIB

Saji, “Strategi Pemasaran Yang Brilian” dalam https://www.ahlimanajemenpemasaran.com/2013/06/strategi-pemasaran diakses pada 28 November 2018 pukul 22:25 WIB

Wawancara dengan Firhan  pada 03 Desember 2018  dia merupakan Sales Produk Le Minerale.

Postingan terkait:

Posting Komentar

- See more at: http://www.mumu32.blogspot.co.id/2016/.html##templatehtml.ixVYTLe5.dpuf
...Thanks for Happy Reading and Enjoy...
- See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-kotak-komentar-keren-di_8.html#sthash.ixVYTLe5.dpuf