Latar Belakang
Kini air minum dalam kemasan (AMDK) sudah menjadi barang familiar.
Hampir setiap hari bisa Anda temui dan didapatkan oleh orang-orang di perkotaan
seperti Jakarta. Untuk mendapatkan AMDK pun mudah, Anda hanya cukup mendatangi
minimarket, supermarket, berbagai fasilitas umum atau warung kelontong
terdekat.
Menarik untuk melihat, cerita dibalik kemunculan AMDK di Indonesia.
Dulunya, AMDK menjadi produk yang sangat mudah dan familiar di masyarakat
modern. AMDK juga dulunya menjadi barang yang eksklusif dan tidak semua orang
bisa membelinya. Memang AMDK hanya berisi air mineral, namun kebanyakan yang
meminum air ini adalah orang-orang penting seperti tamu dari luar negeri atau
wisatawan asing.
Pembahasan
Sekitar
awal tahun 1970-an, Indonesia belum memproduksi minuman AMDK sendiri. Pada
tahun tersebut, AMDK yang tersedia adalah produk impor. Saat itu para wisatawan
atau tamu dalam negeri yang berkunjung di Indonesia hanya mau minum air dalam
kemasan. Hal ini karena perut mereka tidak cocok dengan minum air rebusan. Dulu
juga untuk memperoleh minuman kemasan pun tidak sembarangan. Pada masa itu AMDK
hanya ada di hotel-hotel berbintang.[1]
Tentunya perkembangan industri AMDK dulu dan sekarang sudah
berbeda. Saat ini sudah banyak bermunculan produk-produk air minum kemasan yang
banyak tersedia bukan hanya di minimarket saja, namun juga di setiap toko
kelontong. Salah satu produk AMDK yang hadir di Indonesia adalah Le Minerale.[2]
Le Minerale yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya, yang
merupakan salah satu anak perusahaan dari Mayora Group. Le Minerale hadir
melayani kebutuhan konsumen Indonesia sejak tahun 2015. [3]
Meskipun Le Minerale masih tergolong produk baru di industri air
mineral dalam kemasan, kehadirannya cukup mendapatkan antusiasme dari konsumen.
Karena Le Minerale memiliki berbagai keunggulan sebagai produk air mineral
dalam kemasan. Bisa dikatakan strategi pemasaran Le Minerale benar-benar dasyat
hingga semua orang menggunakan air minuman ini untuk konsumsi setiap hari.[4]
Sumber mata air Le Minerale berasal dari sumber mata air pegunungan
terpilih yang diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan
langsung di sumbernya menggunakan mineral protection system untuk
melindungi kandungan mineral alami yang ditandai dengan kerasnya botol sebelum
dibuka dan diproduksi tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung.[5]
Selama ini Le Minerale menjalankan strategi yang bagus sehingga
walaupun banyak pesaing bisnis air minum yang muncul namun merek ini bersaing
oleh produk-produk lainnya.
Strategi pemasaran
yang digunakan dari Le Minerale diantaranya
1.
Slogan
Slogan “kaya ada manis-manisnya” hingga kini ternyata mendongkrak penjualan
yang terus meningkat tiap harinya
2. Promosi
Le Minerale melakukan berbagai promosi baik melalui media online, media cetak maupun saluran komunikasi lainnya. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali iklan produk dengan merek Le Minerale yang mengisi setiap iklan di televisi, radio maupun di media cetak. Inilah salah satu strategi pemasaran Le Minerale yang dijalankan.
Le Minerale melakukan berbagai promosi baik melalui media online, media cetak maupun saluran komunikasi lainnya. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali iklan produk dengan merek Le Minerale yang mengisi setiap iklan di televisi, radio maupun di media cetak. Inilah salah satu strategi pemasaran Le Minerale yang dijalankan.
Tidak jarang juga Le Minerale
mensponsori beberapa kegiatan, seperti di bidang olahraga dan lainnya untuk
memperkenalkan merek ini agar lebih dikenal masyarakat luas.
3. Pelayanan
Pelayanan sangat penting bagi suatu perusahaan kepada konsumennya sehingga Le Minerale juga memberikan pelayanan yang baik bagi konsumennya di seluruh Indonesia. Melalui distributor Le Minerale di seluruh Indonesia ini Le Minerale bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggannya.
Pelayanan sangat penting bagi suatu perusahaan kepada konsumennya sehingga Le Minerale juga memberikan pelayanan yang baik bagi konsumennya di seluruh Indonesia. Melalui distributor Le Minerale di seluruh Indonesia ini Le Minerale bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggannya.
4. Packaging yang baik
Packaging juga memberikan dampak
luar biasa bagi distribusi Le Minerale sehingga penjualan bisa bertambah dari
waktu ke waktu.
5. Saluran Distribusi
Le Minerale memiliki banyak
saluran distribusi untuk menyuplai kebutuhan air minum dengan merek Le Minerale
baik di kota maupun di pelosok. Hampir semua wilayah di Indonesia sudah ada
distributor air minum ini.
Penutup
Diatas beberapa strategi yang telah diterapkan dari produk air
minum dalam kemasan ber merk Le Minerale, baik kita tiru beberapa langkah di
atas sebagai langkah meningkatkan hasil penjualan dari produk yang kita jual.
Sekian dari saya, sekiranya ada kesalahan mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Terima kasih dan semoga bermanfaat J
[1] Saji,
“Strategi Pemasaran Yang Brilian” dalam https://www.ahlimanajemenpemasaran.com/2013/06/strategi-pemasaran diakses pada
28 November 2018 pukul 22:25 WIB
[2] Observasi
[3]
Wawancara dengan Firhan pada 03 Desember
2018 dia merupakan Sales Produk Le Minerale.
[4] Observasi
[5] Gisadmin,
“Keunggulan Le Minerale” dalam https://www.gerakanindonesiasehat.id/keunggulan-dari-le-minerale diakses pada
28 November 2018 pukul 20:47 WIB
REFERENSI TERKAIT
Gisadmin,
“Keunggulan Le Minerale” dalam https://www.gerakanindonesiasehat.id/keunggulan-dari-le-minerale
diakses pada 28 November 2018 pukul 20:47 WIB
Saji,
“Strategi Pemasaran Yang Brilian” dalam https://www.ahlimanajemenpemasaran.com/2013/06/strategi-pemasaran
diakses pada 28 November 2018 pukul 22:25 WIB
Wawancara dengan Firhan pada
03 Desember 2018 dia merupakan Sales Produk Le Minerale.


Posting Komentar